Pages

Saturday, September 5, 2015


Resep cara membuat Onde-onde enak sendiri di rumah


Resep cara membuat Onde-onde enak sendiri di rumah
Resep cara membuat Onde-onde enak sendiri di rumah


Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.[butuh rujukan] Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto. Senernya variasi lain saat ini banyak sekali bisa juga sesuai keinginan misalkan di isi keju, slai, ketan hitam, dll. pokoknya enak silahkan di cobai ya ini dia resepnya:

Resep cara membuat Onde-onde enak sendiri di rumah


Bahan Kulit:

  1. Tepung Ketan 1 kg
  2. Wijen Putih 500 gram
  3. Minyak Goreng secukupnya
  4. Garam 1 sendok teh
  5. Gula Pasir 400 gram
  6. Air Bersih 400 ml
  7. Bahan Biang:
  8. Air 200 ml
  9. Tepung Sagu 4 sendok makan
  10. Bahan Isi:
  11. Santan Kental 120 ml
  12. Daun Pandan 2 lembar
  13. Vanilli Bubuk 1/2 sendok teh
  14. Gula Pasir 360 gram
  15. Garam 1 sendok teh
  16. Kacang Hijau 400 gram, dikupas lalu direndam


Cara membuat Onde-onde enak sendiri di rumah


Langkah pertama adalah kukus kacang hijau yang sudah direndam sampai teksturnya empuk. Setelah empuk masak kacang hijau bersama dengan santan, gula, agram, vanilli, serta daun pandan. Aduk terus semua bahan tersebut hingga airnya menyusut menjadi sedikit. Setelah menyusut angkat kemudian tiriskan. Setelah itu yang harus dilakukan adalah membuat biang, yaitu dengan merebus air bersama dengan tepung sagu sampai mendidih dan kental. Ketika sudah mendidih angkat kemudian tiriskan. Kemudian setelah itu masak air, gula, dan garam kemudian tuang ke atas tepung ketan lalu masukkan bahan biang dan aduk hingga tercampur rata. Langkah selanjutnya adalah ambil sedikit adonan kulit dari bahan-bahan yang sudah dicampur lalu pipihkan, kemudian ambil adonan isi secukupnya lalu letakkan ditengahnya kemudian bulatkan. Setelah itu celupkan onde-onde ke dalam air, kemudian gulingkan diatas wijen sampai rata. Lakukan sampai semua adonan habis. Jika sudah dibentuk semua kemudian goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang atau warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Semoga sukses ya, kalo sukses bagi-bagi tips nya disini degan komentar di bawah ya!!!!

Resep cara membuat Onde-onde enak sendiri di rumah







Masukan Email Dapet Resep Tiap Hari

Follow us!

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

Related 

Posts Plugin for WordPress, Blogger...