Pages

Monday, November 12, 2012


Resep membuat cuanki sendiri di rumah

Resep membuat cuanki sendiri di rumah
Resep membuat cuanki sendiri di rumah

Cuanki adalah jajanan kesukaan saya, rasanya yang menyegarkan apalagi di santap pada saat kepala lagi pusing, rasanya langsung segar kembali,hehe (yang segar). dari pada dengar-dengar kalo cuanki sekarang banyak pedagang yang memakai bahan kimia yang membuat kita sakit mending kita bikin sendiri di rumah resep cara membuat cuanki baso, bakwan, pangsit, tahu dll. langsung saja saya kasih resep cara membuat cuanki di bawah ini :



Bahan :

1 kg gr daging ikan tenggiri, siap pakai, haluskan
1 btr telur
1 putih telur
200-300 gr tepung kanji tani
600-700 ml air dingin/es (sampai adonan agak lembek, tetapi masih dapat dibentuk)
4 sdt garam
2-1/2 sdm gula pasir
1-1/2 sdt merica
10 bh tahu, potong diagonal, keruk bag. tengahnya

Kuah cuanki :

2 ltr kaldu ayam/kaldu tulangan sapi
Jahe, geprek
Bawang merah + Bawang putih, haluskan
Garam
Gula pasir, sedikit sbgi penyedap
Merica

Pelengkap:
Sawi hijau, rebus sebentar
Baso sapi
Bawang daun, iris halus
Seledri, iris halus
Bawang goreng
Sambal cabe rawit
Jeruk nipis

Cara membuat:
Campur ikan tenggiri bersama 600 ml air dingin sampai rata (dlm food processor).
Tambahkan garam, gula pasir dan merica.
Masukkan telur + putih telur. Aduk kembali.
Pindahkan adonan ikan kedalam wadah yg cukup besar.
Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Tambahkan air bila adonan masih keras.
Cicipi rasanya (jangan ragu dengan bumbu, agar benar2 terasa gurihnya).
Masukkan kembali adonan kedlm food processor, aduk sampai benar2 tercampur.

Membuat isi tahu:
Gunakan perbandingan 1:2 utk kerokan tahu:adonan tenggiri.
Jadi klu kerokan tahunya 1/2 mangkok, campur dgn 1 mangkok adonan tenggiri.
Bila perlu, tambahkan sedikit air lagi hingga adonan menjadi bubur yg halus.
Masukkan irisan bawang daun kedlmnya.
Masukkan adonan kedalam tahu yg telah dikeruk bag. tengahnya.
Kemudian sebagian digoreng, sebagian lagi direbus. sisihkan

membuat bakwan:
Ambil adonan tenggiri secukupnya, masukkan irisan bawang daun kedalamnya.
Isikan kedlm kulit pangsit kemudian goreng.
Atau kukus terlebih dahulu, kemudian goreng sesaat akan disajikan
Sisa adonan bisa dipakai utk bahan tekwan, tinggal dibentuk bulat2 pake sendok, kemudian rebus.
Bila sudah dingin, masukkan dlm frezzer.

Kuah:
Rebus kaldu bersama jahe sampai keluar aromanya.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan kedlm kaldu.
Tambahkan bumbu lainnya, cicipi rasanya.

Penyelesaian:
Didihkan kaldu, kemudian masukkan beberapa potong batagor dan bakso sapi.
Masukkan kedalam wadah saji bersama pelengkap lainnya.
Hidangkan dalam keadaan hangat.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar

Related 

Posts Plugin for WordPress, Blogger...